Cara daftar SIM Mobil di Jepang

Apa kabar kawan2, lama ga posting. Kali ini gw mau share bagaimana cara daftar SIM mobil di Jepang.
Bagi yg udah punya SIM mobil di Indonesia itu lebih mudah dan murah ngurus nya.
urutan nya gini.

1. SIM Indonesia (Yg asli) bawa ke JAF untuk di translate ke bahasa Jepang 
(http://www.jaf.or.jp/e/switch.htm) ini Link web nya, kenapa harus ke JAF? kan kita punya kenalan orang yg bisa translate ke bahasa Jepang. Ya emang bener siapa aj bisa translate, tp karena polisi Jepang lebih percaya kalau translate nya di JAF ini dan proses nya ga akan jelimet. Biaya translate nya kisaran 5000yen an, lama waktu translate nya kira2 20menitan (klo ga rame).
2. Bawa SIM Indonesia (yg asli), KTP jepang, Paspor, hasil translate an td di JAF ke KBRI Tokyo atau kalau yg di daerah osaka bisa KBRI yg terdekat. Bilang mau buat SIM jepang, tolong berikan surat pengantar untuk ke kantor polisi, nah ini kena biaya juga sekitar 2000yen an. Untuk jelas nya bisa langsung kontak KBRI langsung.
3. Semua yg di point nomor 2 diatas dilengkapin trus bawa ke kantor Polisi untuk pembuatan SIM Jepang. klo gw kemarin karena tinggal di daerah saitama jd pergi nya ke Konosu Saitama.(http://www.pref.saitama.lg.jp/uploaded/attachment/573624.pdf), kalau kawan2 tinggal di lokasi lain cb di cari tahu dimana pusat buat SIM terdekat nya, karena setiap daerah beda lokasi.
4. Serahkan semua berkas td itu ke kantor polisi pusat pembuatan SIM, nanti di wawancara, test kesehatan, terakhir test nyupir.

ini gw kasih gambaran lokasi disana.




Ini materai yg harus dibayar, 1 kali test nyupir biayanya 2200yen, kalau gagal beli lg materai nya, trus test lagi, pokonya terus begitu sampai berhasil test nyupirnya.
Ini Lokasi nya










Ada 2 perbedaan SIM mobil disini, ada yg Manual dan Automatic.
Kalau Manual bisa pakai mobil Automatic, kalau Automatic ga boleh pake Manual. Gw dapet yg Manual, jd gw saranin ambil yg Manual aj biar bs bawa kedua tipe mobil disini, tp emang susah susah mudah dapetin SIM nya, yg penting disini itu bukan hanya pintar bawa mobil nya, tp kudu hati2 bawa mobilnya, itu kuncinya kalau mau lulus SIM mobil cepat di Jepang.

Trus cara kedua bisa masuk ke sekolah mengemudi di Jepang, itu semuanya di ajarin cara belok yang benar, cara bawa mobil yg benar semuanya, tp biayanya mahal antara 30rb yen an.
oke semangat ya yg mau buat SIM mobil disini. pasti bisa, gw aja bisa 3x test langsung Oke.


Komentar

Postingan Populer